Selasa, 06 Juli 2021

Contoh Teks Biografi Singkat

Contoh Teks Biografi

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Biografi adalah riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain. Berikut ini contoh teks biografi singkat: Mengutip Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama (2013) karya Toyidin, biografi adalah riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Riwayat yang dituliskan mencakup ideologi, perjalanan hidup, serta perjuangan yang dilalui oleh seseorang.

Contoh 1

Biografi Singkat Maradona Diego

Armando Maradona merupakan pemain sepak bola asal Argentina. Ia lahir pada 30 Oktober 1960. Ia mendapat julukan “Tangan Tuhan” karena gol yang ia cetak pada Piala Dunia 1986 ketika melawan Inggris.

Maradona merupakan pemain sepak bola berbakat. Setelah pensiun sebagai pemain, ia berkarir sebagai pelatih tim sepak bola. Beberapa yang pernah ia latih antara lain tim nasional Argentina, klub bola Al Wasl, Textil Mandiyu, Dorados, Racing Club, dan Fujairah. Sampai saat kematiannya pada 25 November 2020, ia menjabat sebagai pelatih tim Gimnasia La Plata.

Contoh 2

Biografi Singkat Gus Dur

K.H. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur merupakan sosok yang dikenang sebagai presiden paling humoris. Ia lahir pada 4 Agustus 1940 di Jombang, Jawa Timur.

Ia berasal dari keluarga santri yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama. Gus Dur sempat berkuliah di Universitas Al-Azhar dan Universitas Baghdad.

Semasa muda, ia menulis di beberapa media seperti Kompas, Tempo, dan Majalah Horizon. Puncak karirnya, pada tahun 1999 sampai 2001 ia menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Ia dikenal sebagai presiden yang cerdas, menjunjung tinggi hak asasi manusia dan keberagaman.

Contoh 3

Biografi Singkat Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien adalah wanita yang lahir pada 1848 di Kabupaten Aceh Besar. Ia dinobatkan sebagai pahlawan nasional perempuan yang berasal dari Aceh. Pada usia 12 tahun, ia menikah dengan Ibrahim Lamnga.

Ia dan suaminya berjuang mengusir Belanda ketika wilayah VI Mukim diserang. Suaminya gugur di medan perang pada 29 Juni 1878. Karena kematian suaminya itu, Cut Nyak Dien bertekad untuk mengalahkan Belanda.

Ia memimpin pasukan kecil yang melancarkan perlawanan terhadap Belanda di daerah pedalaman Meulaboh. Pasukan Cut Nyak Dien terus bertempur hingga dipukul mundur pada 1901. Cut Nyak Dien ditangkap dan diasingkan di Sumedang sampai nafas terakhirnya.

Contoh 4

Biografi Singkat Mohammad Hatta

Mohammad Hatta lahir pada 12 Agustus 1902 di daerah Sumatera Barat, tepatnya di kota Bukit Tinggi. Hatta menjadi wakit presiden pertama di Indoensia. Ia banyak membantu Soekarno dan para pendiri bangsa dalam mencapai kemerdekaan.

Ia adalah sebagai sosok yang gemar membaca. Ia juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Hatta menggalakkan konsep ekonomi yang bertopang pada semangat gotong-royong masyarakat.

Koperasi menjadi pilar ekonomi di tingkat paling kecil, seperti desa. Desa yang berdaya, baik dari segi ekonomi dan pangan, akan membuat suatu bangsa menjadi lebih kuat.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Leave a Replay

Kuasa Hukum Gunawan Raka memberikan keterangan kepada wartawan

Terdesak Lantaran Utang, PT Grama Bazita Pailit

JAKARTA – Sejumlah debitur mempertanyakan itikat baik Perusahaan Konstruksi PT Grama Bazita dalam menyelesaikan sejumlah utangnya. Ini terlihat dengan tidak adanya proposal perdamaian yang disampaikan