Selasa, 06 Juli 2021
3070755385

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Musik tidak asing lagi bagi masyarakat di seluruh dunia. Sekarang ini ada berbagai macam jenis musik yang berkembang ditengah-tengah masyarakat.

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), musik adalah seni yang memadukan suara vokal atau instrumental untuk keindahan bentuk atau ekspresi emosial.

Musik juga merupakan suatu hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik, yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik, yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk atau struktur lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan. Maka keberadaan musik dalam hidup memiliki beberapa fungsi penting.

Salah satunya fungsi sosial seni musik. Dikutip dari buku The Anthropolgy of Music (1964) karya Alam P. Merria, bahwa etnomusikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari musik. Bukan saja menganalisis musik secara struktural, melainkan juga melihat fungsi musik dalam situasi sosial.

Musik berfungsi memberikan ketenangan jiwa kepada pendengarnya dengan keindahan yang ada di dalam musik. Seseorang akan merasa senang apabila mendengarkan musik kesukaannya. Melalui keunikan melodis, ritmis, dan harmonis maupun terkait dengan komposisi dan instrumen tersebut seseorang dapat merasakan nilai-nilai keindahan.

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas sehari-hari, serta sebagai sarana rekreasi dan ajang pertemuan dengan orang lain. Musik sebagai media rekreatif manusia (melalui irama, melodi dan harmoni musik) yang mampu membuat perasaan gembira dan senang untuk menghilangkan kepenatan dan keletihan aktivitas manusia sehari-hari.

Isyarat dan pesan terdapat pada melodi lagu dan syair (lirik lagu) yang mengandung nilai-nilai religi atau kepercayaan, nilai-nilai tentang kesopanan atau norma.

Fungsi musik sebagai alat komunikasi adalah sebagai media penyampaian nilai-nilai kebaikan melalui melodi maupun lirik lagu dari pencipta musik kepada para pendengarnya.

Musik bisa melambangkan suatu hal yang dilihat dari aspek-aspek musik itu sendiri, seperti tempo sebuah musik. Tempo lambat, identik dengan menceritakan hal-hal yang menyedihkan, sehingga musik itu melambangkan kesedihan. Musik juga dapat menjadi lambang suatu negara atau daerah. Misalnya lagu Indonesia Raya yang merupakan perlambangan dari negara Indonesia.

Musik sebagai pengiring aktivitas ritmik seperti, tari-tarian, senam, dan dansa. Musik membuat pendengarnya bergerak mengikuti alunan musik. Musik merangsang sel-sel saraf manusia sehingga menyebabkan tubuh manusia bergerak mengikuti irama musik.

Musik sebagai media pengajaran akan norma-norma dengan penyampaian melalui teks-teks nyanyian yang berisi aturan-aturan. Musik sebagai sebuah karya cipta mengandung nilai sosial yang dapat memberi kontribusi terhadap tatanan hidup masyarakat, baik secara individu maupun kelompok.

Musik memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu upacara bukan hanya sebagai pengiring.

Artinya musik merupakan bagian dari kehidupan manusia yang memiliki peradaban dan kebudayaan.

Musik berisi tentang ajaran-ajaran untuk meneruskan sebuah sistem dalam kebudayaan terhadap generasi selanjutnya. Setiap negara di dunia dan bahkan setiap daerah di Indonesia pasti memiliki sebuah musik tradisional sebagai salah satu ciri khas kebudayaannya.

Ketika orang-orang mendengar musik tersebut, mereka pasti langsung mengingat daerah dimana musik tersebut berasal.

Musik sebagai integritas kemasyarakatan adalah musik memberikan manfaat sebagai pemupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat karena musik dapat menjadi wadah perkumpulan warga masyarakat.

Dengan menonton pagelaran musik maka masyarakat akan berkumpul dan saling berkomunikasi satu sama lain. Secara tidak langsung fungsi musik dapat memperkuat tali silaturahmi antar warga masyarakat.

Fungsi musik sebagai pengungkapan emosional adalah musik digunakan sebagai media pengungkapan ide-ide dan perasaan para seniman baik pencipta maupun pemain musik.

Dengan kata lain si pemain dapat mengungkapkan perasaan atau emosinya melalui musik. Emosi yang diungkapkan melalui lagu, irama musik maupun para penikmat musik. Itulah mengapa saat ini ada berbagai macam suasana dalam musik. Ada musik yang memiliki suasana ceria, hangat, sepi, sedih, seram, menegangkan, menyayat, dan lain sebagainya.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Leave a Replay

Kuasa Hukum Gunawan Raka memberikan keterangan kepada wartawan

Terdesak Lantaran Utang, PT Grama Bazita Pailit

JAKARTA – Sejumlah debitur mempertanyakan itikat baik Perusahaan Konstruksi PT Grama Bazita dalam menyelesaikan sejumlah utangnya. Ini terlihat dengan tidak adanya proposal perdamaian yang disampaikan