Selasa, 06 Juli 2021

Perbedaan Baseball dengan Softball

softball_baseball_split

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Permainan baseball dan softball terkesan sama, karena keduanya mengandung kata ball. Selain itu, permainan keduanya juga dilakukan dengan memukul bola dan kemudian berlari. Dibalik istilahnya yang hampir mirip, sebenarnya dua permainan ini memiliki perbedaan. Tahukah kamu apa perbedaan baseball dengan softball?

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica, perminan baseball atau kasti merupakan permainan yang dilakukan dengan memukul bola dengan bat atau alat pemukul. Sedangkan definisi permainan softball dalam situs Merriam Webster, adalah olahraga yang menyerupai permainan baseball, dengan ukuran bola yang lebih besar dibanding bola kasti.

Jika melihat definisi tersebut, dapat dikatakan jika permainan baseball dengan softball memiliki perbedaan. Salah satu contoh perbedaannya adalah dari ukuran bola yang digunakan.

Ukuran bola dalam permainan softball lebih besar dibanding bola kasti. Selain itu, permainan baseball dan softball memiliki perbedaan lainnya. Apa sajakah itu? Dilansir dari situs Olympic.ca, berikut perbedaan baseball dengan softball:

Ukuran lapangan

Ukuran lapangan permainan baseball dengan softball berbeda. Ukuran lapangan baseball atau kasti adalah 90 kaki atau sekitar 27 meter. Sementara untuk ukuran lapangan softball adalah 60 kaki atau sekitar 18 meter.

Ukuran bola

Seperti yang telah disebutkan di atas, ukuran bola softball lebih besar dibanding bola kasti. Bola softball memiliki diameter sekitar 11,88 inci hingga 12,13 inci atau sekitar 30 cm.

Sedangkan ukuran diameter bola baseball adalah 9 inci hingga 9,25 inci atau sekitar 22 cm hingga 23 cm. Bukan hanya dari ukurannya saja, berat bola juga memiliki perbedaan. Bola softball memiliki berat 6,25 ons hingga 7 ons. Sedangkan bola kasti memiliki berat 5 ons hingga 5,25 ons.

Alat pemukul atau bat

Alat pemukul atau bat dalam permainan baseball dan softball juga memiliki perbedaan. Pada umumnya, bat dalam permainan kasti lebih panjang dibanding bat dalam softball.

Arah lemparan bola

Dalam permainan baseball, pelempar bola akan melempar bola ke arah hitter dengan melempar ke arah atas tangan. Sedangkan dalam permainan softball, pelempar akan melambungkan bola ke arah pemukul dengan melempar ke bawah tangan.

Durasi pertandingan

Pertandingan baseball memiliki sembilan babak. Namun, babaknya bisa ditambah jika antar kedua regu seri. Sedangkan pertandingan softball memiliki tujuh babak. Namun, pertandingan bisa diakhiri lebih cepat dengan beberapa ketentuan tertentu.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Leave a Replay

Kuasa Hukum Gunawan Raka memberikan keterangan kepada wartawan

Terdesak Lantaran Utang, PT Grama Bazita Pailit

JAKARTA – Sejumlah debitur mempertanyakan itikat baik Perusahaan Konstruksi PT Grama Bazita dalam menyelesaikan sejumlah utangnya. Ini terlihat dengan tidak adanya proposal perdamaian yang disampaikan