Selasa, 06 Juli 2021

Teknik Base Running dalam Permainan Kasti

698842594.0

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Teknik berlari atau base running dalam permainan kasti sering diabaikan atau dianggap remeh. Padahal teknik tersebut sangat wajib dikuasai oleh para pemain kasti atau baseball dan sangat berpengaruh pada kemenangan sebuah regu.

Jika pemain berhasil melakukan home base, maka poin yang dihasilkan akan semakin tinggi. Maka dari itu, teknik base running tidak boleh disepelekan oleh para pemain baseball. Lalu, bagaimana cara melakukan teknik base running dalam permainan kasti?

Berikut penjelasaannya yang dilansir dari situs Ducksters.com:

Berlari dengan kencang

Semua base runner dalam permainan baseball harus pandai-pandainya berlari dengan kencang dan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Walau harus berlari dengan kencang, tidak berarti base runner tidak perlu memperhatikan arah pukulan bola. Base runner harus senantiasa memperhatikan lawan main yang sedang berusaha menangkap bola dan bersiap melemparnya.

Sliding

Teknik ini juga wajib dikuasai oleh para base runner. Teknik ini mengharuskan para pelari atau pemukul untuk meluncur menuju base. Sliding tidak perlu dilakukan jika base runner baru akan berlari ke pos pertama. Berikut adalah langkah-langkah melakukan sliding:

  1. Kaki kanan harus ditekuk saat akan meluncur. Sedangkan kaki kiri diluruskan ke depan.
  2. Jangan menggunakan tangan untuk menghentikan tubuh yang sedang meluncur. Lebih baik gunakan punggung dan kaki. Jika menghentikan tubuh dengan tangan, dikhawatirkan akan terluka bahkan cedera.

Memperhatikan kondisi sekitar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, base runner harus selalu memperhatikan kondisi lapangan dan pemain. Jangan ragu-ragu untuk berlari menuju ke base berikutnya. Berlarilah jika ada kesempatan atau peluang.

Mengutip dari situs How Baseball Works, saat seorang hitter memukul bola, base runner atau pelari tidak harus berlari menuju base berikutnya.

Namun, jika base runner berada di base pertama, maka ia harus berlari ke base berikutnya. Karena pemukul akan berlari menuju base pertama.

Tidak hanya membutuhkan keterampilan teknik berlari yang baik, pelari atau base runner harus selalu sigap berlari jika ia melihat ada kesempatan. Rutinlah dalam melakukan latihan agar menguasai teknik ini. Jika belum menguasai teknik sliding dengan baik, jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukannya karena bisa terluka bahkan cedera.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Leave a Replay

Kuasa Hukum Gunawan Raka memberikan keterangan kepada wartawan

Terdesak Lantaran Utang, PT Grama Bazita Pailit

JAKARTA – Sejumlah debitur mempertanyakan itikat baik Perusahaan Konstruksi PT Grama Bazita dalam menyelesaikan sejumlah utangnya. Ini terlihat dengan tidak adanya proposal perdamaian yang disampaikan